Senin, 15 Juni 2009

download : tintin the complete companion

Senin, 15 Juni 2009

jangan bangga ngaku tintin mania. kalo belom baca buku ini.

kudu dan mesti, baca buku ini!

jika anda termasuk orang yang menyangka tokoh-tokoh dalam serial tintin itu rekaan herge belaka. maka, mungkin anda akan terperanjat begitu membaca buku ini. ternyata bukan hanya karakter. namun setting latar. style tokoh. model situasi. bentuk kapal. arsitektur bangunan. tata ruang. papan iklan. lampu gantung dan lain-lain yang muncul di serial tintin, disketsakan dari objek sebenarnya. yang dikembangkan oleh imajinasi seorang georges prosper remi (rg or herge) menjadi serial kartun yang melegenda. fantastik!

barangkali membaca kisah dibalik pembuatan serial tintin ini, rasanya seperti membaca sebagian biography herge sendiri. bukan cerita baru, jika seorang pengarang terobsesi dengan tokoh rekaannya sendiri. kisah yang ditulisnya, yang dapat membuatnya tersenyum, bahagia. atau malah depresi. bagi herge, tintin mungkin bukan sekedar karya semata. namun barangkali, separuh jiwanya tinggal dan hidup dalam kartun tintin yang dipersonakannya. ada keinginan, ada idealisme, ada obsesi, ada cita-cita yang bernafas, menghidupkan tokoh-tokoh kartun yang dicitrakannya.

michael farr menyusun buku ini secara kronologis, sesuai urutan pembuatan, dengan memberikan detil-detil yang melatarbelakangi herge merangkai setiap kisah petualangan tintin. sudah diakui dunia tintin bukan komik kacangan. seperti dugaan saya semula, tintin lahir dari hasil riset yang mendalam, dan dilengkapi data akurat. yang paling membuat saya kagum adalah kisah tintin ke bulan dan penjelajahan di bulan. bayangkan herge telah mencuri start pendaratan di bulan, 16 tahun sebelum amerika mengklaim berhasil mendaratkan kaki niel amstrong di kulit bulan (meskipun katanya ini bohong-bohongan amerika saja). coba anda ingat kembali ketika herge dengan cerdik menyelipkan penjelasan teori fisika tentang gravitasi semu yang terjadi pada benda bergerak (antara profesor calculus dengan thompson dan thomson- tintin penjelajahan di bulan).

udah ah nggak usah panjang-panjang saya kasih pengantar, download dan baca sendiri aja yah…

DOWNLOAD : TINTIN THE COMPLETE COMPANION

0 komentar:

Posting Komentar

 
koleksi ebook karangsati. Design by Pocket